Tugas Sekretaris Desa :
MEMBANTU KEPALA DESA DALAM BIDANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA, MEMBERIKAN MASUKAN KEPADA KEPALA DESA DALAM RANGKA MENETAPKAN KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DESA DAN TUGAS LAINNYA SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN.
Fungsi Sekretaris Desa :
- mengkoordinasikan tugas dan fungsi Kepala Urusan;
- melaksanakan urusan ketatausahaan, seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip dan ekspedisi;
- melaksanakan urusan umum, seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas dan pelayanan umum;
- melaksanakan urusan keuangan, seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan lembaga pemerintahan desa lainnya;
- melaksanakan urusan perencanaan, seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.